RESUME
Analisis
Kualitas Informasi Website Universitas
Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) dan Website Universitas Padjajaran (UNPAD)
Diajukan
Untuk Memenuhi Mata Kuliah System Informatika Management

DisusunOleh:
KELOMPOK 2
KELOMPOK 2
Muhammmad
Jalalludin (1510631020151)
Nuhi Miftakhul Silmi (1510631020162)
Raisha Rahmania Fajrin (1510631020175)
Muhammad Rifki (1510631020142)
Nuhi Miftakhul Silmi (1510631020162)
Raisha Rahmania Fajrin (1510631020175)
Muhammad Rifki (1510631020142)
Kelas : 5 MA5
Dosen : Eman Sulaeman SE., MM
Mata
Kuliah : System Informatika Management
Manajemen
Fakultas
Ekonomi dan Bisnis
Universitas
Negeri Singaperbangsa Karawang
2017/2018
KUALITAS INFORMASI WEBSITE UNIVERSITAS
SINGAPERBANGSA (UNSIKA) DAN UNIVERSITAS PADJAJARAN (UNPAD)
1.ISI
INFORMASI
1.
Akuransi
atau ketepatan (accuracy), ketepatan waktu informasi dengan objek yang diwakilinya.
Lengkap bukan berarti semakin baik.
-
Universitas
Singaperbanga Karawang (UNSIKA)
a)
Universitas
Singaerbangsa Karawang ketepatan waktu informasi dengan objek yang diwakilinya
terutama waktu dan isi informasi kurang terkini, informasi yang berkenaan
dengan berita dan tanggal yang sudah lampau. UNSIKA terakhir memberikan berita
yaitu pada tanggal 23 September 2017, tanggalnya pun hanya ada didalam kolom
surat berita
b)
Seperti halnya dengan surat undangan tanggal
saat diupdate informasi tersebut hanya ada pada kolom berita, poster ata brosur
yang diupdate pun tidak dicantumkan tanggal saat mempostingnya
c)
Jika
dilihat dari tanggal disetiap berita UNSIKA hanya memberikan informasi berita
setidaknya dalam jangka 1 sampai 2 minggu sekali
-
Universitas
Padjajaran (UNPAD)
a)
Universitas
Padjajaran ketepatan waktu informasi dengan objek yang diwakilinya sesuai,
terutama waktu dan informasi selalu up to date, misalnya saja pada saat kami
menganilisis web ini Universitas Padjajaran pada tanggal 4 Oktober 2017, artinya
1 hari setelah analisis, kemudian setelah kami menganalisis keesokan harinya
pada tanggal 5 sampai 6 Oktober 2017, website UNPAD menampilkan berita terbaru
lagi, adapun dengan berita sebelumnya.
b)
Dapat
disimpulkan bahwa website UNPAD selalu memberikan informasi terkini mengenai
semua kegiatan yag ada di Universitas Padjajaran setiap harinya.
c)
Berita
yang diupdate selalu ada tanggal postingannya dibawah kolom berita
2.
Relevansi
(relevance), yaitu kesesuaian antar informasi dengan masalah yang akan dipecahkan
berdasarkan informasi tersebut.
-
Universitas
Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)
a)
Informasi
yang akan dipecahkan berdasarkan informasi tersebut adanya kesesuaian, dalam
hal ini UNPAD selalu memberikan informasi yang berkaitan dengan objek masalah.
-
Universitas
Padjajaran (UNPAD)
a)
Infromasi
yang akan dipecahkan berdasarkan informasi tersebut adanya kesesuaian, dalam
hal ini UNPAD selalu memberikan informasi yang berkaitan dengan objek masalah
3. Kelengkapan ( Complemeter) Cukup atau tidaknya infromasi digunakan untuk memberikan kepuasan
-
UNSIKA
a) Website
unsika memberikan informasi berupa layanan-layanan yang cukup lengkap yang
dapat membuat atau memberikan keputusan baik keputusan pihak internal maupun
pihak eksternal
b) Dalam
halaman utama atau home page unsika hanya memiliki kolom bahasa website hanya
dalam bahasa bahasa indonesia dan english dan dihalaman utama mencakup
berita-berita unsika
-
Universitas Padjajaran (UNPAD)
a) Website
unpad memberikan informasi yang
lengkap, seperti dalam halam utama atau
homepage website unpad memilikin keunikan sendiri yaitu terdapat menu bahasa di bagian
atas yaitu bahasa sunda dan english para
pengunjung website ini yang tidak hanya
terbiasa dengan bahasa indonesia dapa
mengganti bahasa dari website
tersebut yaitu bahasa sunda
ataupun english dan dihalam utama pun terdapat berita-berita mengenai unpad
b) Website
unpad memberikan informasi berupa layanan-layanan yang cukup lengkap dalam
membuat atau memberikan keputusan baik keperluan pihak eksternal atau
internal dari sarana media.
4. Ringkas (Consiseness) yaitu jumlah informasi
yang harus ditampilkan tanpa berlebihan
-
UNSIKA
a) Sama
hal nya dengan UNPAD Informasi yang
ditampilkaan cukup ringkas dan tidak
berlebihan pada website unsika dalam memberikan informasi mengenai berita
berupa menu kolom yang ada diatas layar hal ini dapaat memberikan dan
menimbulka keefektifaan dalam penyamapaian iinformasi kepada pengujung website
tersebut.
-
Universitas Padjajaran (UNPAD)
a) Informasi
yang ditampilkan cukup ringkas dan tidak
berlebihan pada website unpad sendiri dalam memberikan informasi berupa
menu kolom-kolom yang ada di atas layar
dan dalam kolom tersebut tidak bercabang. Hal ini dapat menimbulkan keefektipan
dalam menyampaikan informasi kepada pengunjung website tersebut.
5. Lingkup/cakupan
(scope) informasi yang di sampaikan harus dapat meliputi semua objek yang harus
d sampaikan
-
Unsika Singaperbangsa Karawang
(UNSIKA)
a) Informasi
yang website unsika pada dasarnya menyampaikan informasi meliputii semua objek
yang disampaikan namun tentunya lingkup atau cakupan informasi yanng berbeda
dengan unpad yaitu tidak ada informasi publik yang dilakukan secara online.
-
Universitas Padjajaran (UNPAD)
a) Website
unpad menyampaikan informasi meliputi semua objek yang ada , namun yang
membedakannya segi layanan yaitu informasi
publik, yaitu berupa layanan
informasi mengenai prosedur permohonan,
permohonan informasi, pengajuan keberatan, pengaduan pungli. Hal ini dapat
disimpulkan dari hal yang bersifat pribadi dapat diilakukan
melalui mengisi formulir dan berisi masalah yang akan disampaikan melalui
online.
6. Kinerja
informasi (Perforrmance) adalah seberapa sering informasi dapat berguna bagi
pembuatan keputusan
-
UNSIKA
a) Kinerja
informasi yang disampaikan unsika seperti yang disebutkan pada lingkup/cakupan,
semua layanan yang dilakukan secara online dapat mempermudah segala sesuatu
yang bersifatt pribadi /umum namun website unsika harus memperbaiki lagi dari segi pelayanan seperti informasi publik
-
Universitas Padjajaran (UNPAD)
a) Kinerja
informasi yang disampaikan website unpad seperti yang disebutkan pada lingkup/
cakupan semua informasi dann layanan-layanan yang dilakukan secara online dapat mempermudah segala sesuatu yang bersifat
pribadi atau pun umum, hal itu pun dapat mempersingkat waktu dalam pengambilan
keputusan dan tentunyaa dapat menimbulkan kepuasan
2.
WAKTU PENYAJIAN
1.
Ketepatan waktu biasanya saat
melakukan analisis
-
UNSIKA
a) Dalam
segi ketepatann waktu website unsika belum adanya ketepatan waktu, postingan
berita-berita tidakk di cantumkan tanggal bulan dan tahun pada saat berita itu
di posting di website
-
Universitas Padjajaran (UNPAD)
a) Unpad
dalam ketepatan waktunya website unpad
tentunya selalu memberikan berita
informasi yang selalu di cantumkan tanggal update di bawah postingan berita
2. Keterkinian
Informasi harus benar-benar menncerminkan keadaan postingan baru
-
Universitas Singaperbangsa Karawang
(UNSIKA)
a)
Universitas
Singaerbangsa Karawang ketepatan waktu informasi dengan objek yang diwakilinya
terutama waktu dan isi informasi kurang terkini, informasi yang berkenaan
dengan berita dan tanggal yang sudah lampau. UNSIKA terakhir memberikan berita
yaitu pada tanggal 23 September 2017, tanggalnya pun hanya ada didalam kolom
surat berita .Seperti halnya dengan surat undangan tanggal saat diupdate
informasi tersebut hanya ada pada kolom berita, poster ata brosur yang diupdate
pun tidak dicantumkan tanggal saat mempostingnya.Jika dilihat dari tanggal
disetiap berita UNSIKA hanya memberikan informasi berita setidaknya dalam
jangka 1 sampai 2 minggu sekali
-
Universitas Padjajaran (UNPAD)
a) Website
unpad selalu memberikan informasi
mengenai keadaan yang paling baru mengenai
universitas. Berita yang disampaikan diwebsite selalu up to date setiap
harinya, seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya pada saat kami menganalisis
website unpad pada tanggal 4 oktober 2017 unpad terakhir update informasi pada
tanggal 3 oktober 2017 yaitu mengenai berita ,keesokanya pada tanggal 5 dan 6
oktober 2017 website unpad memberikan berita terbaru lagi yaitu tentang, adapun
dengan tanggaal sebelumnya unpad selalu memberikan informasi terrkini meliputi
semua kegiatan-kegiatan yang ada di UNPAD.
3.
Frekwensi, informasi terlalu sering disampaikan belum tentu baik
-
Universitas Singaperbangsa Karawang
(UNSIKA)
a) Jika dilihat dari informasi dan berita-berita
yang ada mengenai UNPAD sangat bagus untuk pengetahuan-pengetahuan mereka yang
tidak selalu menghabiskan waktu di kampus baik untuk pengguna internal maupun
eksternalm,namun halnya informasi tersebut harus di lengkapi
-
Universitas Padjajaran (UNPAD)
a)
Jika dilihat
dari informasi dan berita-berita yang ada mengenai UNPAD sangat bagus untuk
pengetahuan-pengetahuan mereka yang tidak selalu menghabiskan waktu di kampus
baik untuk pengguna internal maupun eksternal.
4.
Cakupan waktu, harus sesuai dengan informasi yang diperlukan
-
Universitas Singaperbangsa Karawang
(UNSIKA)
a) Dalam cakupan waktu disini informasi yang
diperlukan sesuai. Namun kegiatan-kegiatan mengenai universitas harus dijadikan
sebuah informasi di website hal ini diupayakan pengunjung website tidak bosan
dengan berita-berita yang itu-itu saja
-
Universitas Padjajaran (UNPAD)
a) Dalam cakupan waktu disini informasi yang
diperlukan sesuai . Banyaknya keperluan baik individu atau kelompok ,dipastikan
dalam website UNPAD waktu menjadi hal utama. Hal ini memberikan keefektifan
dalam memperoleh informasi.
3.
BENTUK INFORMASI
- Kejelasan (Clarity)
-
Universitas Singaperbangsa Karawang
(UNSIKA)
a)
Bentuk
informasi dalam penyusunan suatu perencanaan nya memberikan kejelasan bagi
pengguna website karena tujuannya nya suatu website pada intinya memberikan
kepuasan bagi pembaca
-
Universitas
Padjajaran (UNPAD)
a)
Bentuk
informasi dalam penyusunan suatu perencanaan nya memberikan kejelasan bagi
pengguna website karena tujuannya nya suatu website pada intinya memberikan kepuasan
bagi pembaca.
2.
Rincian
(detail)
-Universitas Singaperbangsa karawang (UNSIKA)
Berita atau objek yang disampaikan Rincian
nya lebih detail dan dijabarkan satu-satu di kolom atas layar.
-
a) Home
a)
Profil
= Tentang Unsika, Identitas, Struktur Unsika Beasiswa, Kerjasama
b)
Akademik
= Fakultas (Fakultas belum lengkap), Kalender Akademik, Peraturan Akademik,
Akreditas
c)
Pendidikan
= Pengantar, Kebijakan
d)
Layanan
= Lab Komputer, Sarana Olahraga, Sarana Ibadah, Poliklinik, Transportasi,
Teknologi Informasi, Asuransi, Free Hotspot
e)
P. Mutu
= Pengantar, Audit, Mutu Internal
f)
Perpustakaan
= Pengantar, Jurnal Nasional, Jurnal Internasional
g)
Berita= Career centermm, list berita,nilai fasilkom
h)
Mail
Unsika = Masuk Email Unsikam, Cara masuk email Unsika
-
Unniversitas
Padjajaran (UNPAD)
Berita atau objek yang disampaikan Rincian nya tidak detail dan tidak
dijabarkan satu-satu di kolom atas layar.
a)
Universitas
= Data dan Fakta, Fasilitas, Lembaga Kemahasiswaan, Sejarah, Visi, Misi dan
Tujuan, Identitas, Kerja Sama, UPT, Pimpinan, Rencana Strategis, Rute dan Peta
b)
Fakultas
= Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran, Matematika dan IPA, Pertanian,
Kedokteran Gigi, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Psikologi,
Peternakan, Ilmu Komunikasi, Keperawatan, Perikanan, Ilmu Politik, Teknologi
Industri Pertanian, Faramasi, Teknik Geologi, Sekolah Pascasarjana
c)
Karya
Ilmiah = Jurnal, Pustaka, Unpad Press, Buku
d)
Penerimaan
= Informasi Pendaftaran, Layanan Helpdesk, Keterangan (Tombol Navigasi:
Diploma, Sarjana, Spesialis dan Profesi, Pascasarjana, Direktori Kepakaran)
e)
Dies 60
= Information Book Dies Natalis ke-60 Universitas Padjajaran, Kalender Kegiatan Dies Natalis ke-60
Universitas Padjajaran, Sekretariat Panitia Dies Natalis ke-60 Universitas
Padjajaran, Agenda Kegiatan, Profil
f)
Peta Situs
= Aliansi Strategis Universitas Padjajaran Jawa Barat (ASUP JABAR), Anugerah
Motekar Unpad, Arsip, Agenda Kegiatan Unpad, Indikator Kinerja Kunci (IKK),
Memorandum, Panduan, Peraturan, dll
g)
Alumni
= Berisi Berita dihalaman awal
h)
Arsip
Berita = Berupa Berita Unpad
i)
Informasi
Publik = Layanan Informasi (Prosedur Permohonan, Permohonan Informasi,
Pengajuaan Keberatan, Pengaduan Pungli dan Grativikasi
- Urutan (order)
-
Universitas
Singaperbangsa karawang (UNSIKA)
Semua bentuk informasi yang ada diwebsite tersebut tersusun dengan rapi
yaitu contohnya pada :
a)
Home
b)
Profil
c)
Akademik
d)
Pendidikan
e)
Layanan
f)
P. Mutu
g)
Perpustakaan
Berita
i)
Mail
Unsika
-
Unniversitas
Padjajaran (UNPAD)
Semua bentuk informasi yang ada diwebsite tersebut tersusun dengan rapi yaitu contohnya pada :
Semua bentuk informasi yang ada diwebsite tersebut tersusun dengan rapi yaitu contohnya pada :
a)
Universitas
b)
Fakultas
c)
Karya
Ilmiah
d)
Penerimaan
e)
Dies 60
f)
Peta
Situs
g)
Alumni
h)
Arsip
Berita
i)
Informasi
Publik
4.
Cara
penyajian
-
Universitas
Singaperbangsa karawang (UNSIKA)
a)
Dalam cara penyajiannya tentunya setiap website
universitas memiliki keunikan tersendiri . Dalam website UNSIKA sendiri yang
dari segi paparan kolom berita cukup efektif untuk memberikan informasi karena
pengunjung diberikan kepraktisan untuk membaca .
-
Unniversitas
Padjajaran (UNPAD)
a)
Website
Unpad dari segi paparan nya ringkas,namun dalam objek objek di dalamnya selalu
disertai dengan gambar atau foto,adapun hal ini menjadi ketertarikan dan
keunikan tersendiri bagi pembaca
b)
Pada
menu homepage ada 2 bahasa yang sewaktu-waktu dapat diganti yaitu bahasa sunda
dan english.
5.
Sarana
(media)
-
Universitas
Singaperbangsa karawang (UNSIKA)
a)
Sarana
media website membantu memberikan kemudahan semua orang dalam mendapatkan
informasi secara efektif dan efesien
dalam pencapaian tujuannya.
Adapun perbedaan sarana media UNSIKA dengan UNPAD yaitu:
Perpustakaan = Pengantar, Jurnal Nasional, Jurnal Internasional
¨
Pengantar
berupa Perpustakaan, unsure penunjang (UPT) yang melayani ketersediaan pustaka
untuk referensi kegiatan akademik baik media cetak berupa: buku dan karya
penelitian dan majalah ilmiah, jurnal program studi dan sumber bacaan lainnya.
Elektronik berupa: buku elektronik, hasil karya penelitian dan pengabdian ,
jurnal Internasional dan nasional.
¨
Jurnal
Nasional disediakan di link portal garuda, garuda rujukan original) itu sendiri
yaitu portal penetuan referensi ilmiah umum karya Bangsa Indonesia, portal ini
dikembangkan oleh direktur penelitian dan pengabdian masyarakatDikti_kemdiknas
RI, dan pepustakaan lainnya yaitu perpustakaan National Republik Indonesia.
Ø Jurnal Internasional berupa dari Aducating
Technology For Hummanity (IEE-E)
Ø Jurnal yang menampung semuakarya ilmiah
mahasiswa maupun dosen Unsika bedanya dengan lihat jurnal tidak ada dikolom
perpustakaan, namun ada disebuah kanan layar, ada kalanya jurnal Unsika
disatukan dengan perpustakaan, karena hal itu memiliki kaitan dengan
perpustakaan dan hal ini menimbukan keefesiensi dari segi waktu, namun dari
segi isinya kurang lengkap jurnal online Unsika hanya terdiri dari beberapa
jrnal itu pun ada jurnal yang hanya judul saja namun isi informasinya tidak ada
seperti JOURNAL OF ENGLISH EDUCATION (JEED), HSG (Health Scince Growth) jurnal.
¨
Penjamin
Mutu = Pengantar, Audit, Mutu Internal
Ø yaitu berupa kegiatan menghitung dan
evaluasi system penjamin mutu internal
da emplemantisity monitor dan evaluasi terdiri dari audit, asesmen dan evaluasi
yang dilakukan secara berkala untuk mengetahui kesesuaian antar pelaksanaan
dengan perencanaan dan utuk mengetahui penyebab ketidak sesuaian pelaksanaan
dengan perencanaan dan untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan dan
perencanaan. Di website itu sendiri tidak dicantumkan dan tidak bisa dilakukan
secara online mengenai layanan informasi seperti prsedur permohonan, permintaan
informasi, pengajuan keberatan, pengaduan pungli dan gratifikasi, akibatnya hal
tersebut masih belum efektif.
Ø Tidak ada informasi mengenai buku-buku karya
dosen Unsika.
Ø Berita = Career Center, List Berita, Nilai
Fasilkom
Ø Gallery Unsika, mengenai foto-foto
dokumentasi kegiatan, Unpad tidak ada foto dokumentasi
Ø Sipeg yaitu system informasi kepegawaian
Unsika yaitu menunjang data administrasi kepegawaian Unsika, Unpad tidak ada
-
Unniversitas
Padjajaran (UNPAD)
a)
Sarana
media website membantu memberikan kemudahan semua orang dalam mendapatkan
informasi secara efektif dan efesien
dalam pencapaian tujuannya.
Adapun perbedaan sarana media UNPAD dengan UNSIKA yaitu:
Karya Ilmiah = Jurnal,pustaka,unpad press,buku
Ø Jurnal menampung semua karya ilmiah mahasiswa
dan dosen Unpad baik hasil penelitian maupun tulisan ilmiah berupa hasil studi
perpustakaan karya ilmiah dari mahasiswa dan dosen baik hasil penelitian maupun
tulisan ilmiah berupa hasil studi, perpustakaan lengkap dengan waktunya. Media
jurnal online di Unpad ini akan menambah pengetahuan dan tukar menukar
informasi ilmiah terutama hasil-hasil penelitian yang akan banyak manfaatnya
terutama bagi pembangunan Indonesia.
Ø Dilihat dari isinya jurnal online Unpad lebih
lengkap dan semua informasi dari urnal tersebut ada.
Ø Pustaka Ilmiah, salah satu wadah informasi
yaitu data penelitian Universitas Padjajaran yang dapat diakses full dengan
bidang kajian kategori seperti, Abstrak, Artikel, Klipping, resasi dan dapat
diunduh full teks
Ø Unpad Press, yaitu mengenai buku-buku yang
diterbitkan oleh dosen Unpad
Ø Buku, yaitu mengenai buku-buku yang
diterbitkan oleh dosen Unpad
Informasi Publik berupa Layanan Informasi (Prosedur Permohonan,
Permohonan Informasi, Pengajuaan Keberatan, Pengaduan Pungli dan Grativikasi
Ø hal ini dapat memberikan kemudahan bagi pihak
internal dan eksternal yang berhubungan dengan layanan Unpad tentunya hal ini
memberikan layanan yang kemudahkan serta keeefektifan, karena semua kebutuhan
bisa dilakukan secara online
PENILAIAN
HASIL ANALISIS
Keterangan Penilaian :
0,0 – 1,0 = Sangat Tidak
Baik
1, 1 – 2,0 = Tidak Baik
2, 1 - 3,0 = Cukup Baik
3, 1 - 4 ,0 = Baik
4,0 – 5,0 = Sangat Baik
|
NO
|
KUALITAS INFORMASI
|
UNSIKA
|
UNPAD
|
|
1
|
Isi Informasi
|
|
|
|
Akuransi atau ketepatan (accurancy)
|
3
|
4
|
|
|
Relevansi (relevance)
|
4
|
4
|
|
|
Kelengkapan ( complementer)
|
3
|
5
|
|
|
Ringkas (consisness)
|
4
|
5
|
|
|
Lingkup/cakupan (scope)
|
2
|
5
|
|
|
Kinerja Informasi (performance)
|
3
|
5
|
|
|
2
|
Waktu Penyajian
|
||
|
Ketepatan Waktu
|
2
|
5
|
|
|
Keterkinian
|
2
|
5
|
|
|
Frekuensi
|
4
|
4
|
|
|
Cakupan Waktu
|
2
|
4
|
|
|
3
|
Bentuk Informasi
|
||
|
Kejelasan (clarity)
|
3
|
5
|
|
|
Rincian (detail)
|
3
|
5
|
|
|
Urutan (order)
|
3
|
4
|
|
|
Cara Penyajian
|
3
|
5
|
|
|
Sarana (media)
|
3
|
5
|
|
|
Total
kualitas Informasi
|
44
|
70
|
|
|
Rata-rata Kualitas informasi
|
2,75
|
4,6
|
|
Kesimpulan:
Rata-rata Kualitas informasi website UNSIKA yaitu 2,75 ( cukup baik) artinya dalam hal ini
adanya ketidaklengkapan antara isi
informasi,waktu penyajian dan bentuk informasi. Sedangkan untuk UNPAD rata-rata
kualitas informasi sebesar 4,6 yaitu sangat setuju, artinya dalam hal ini
website UNPAD memiliki kelengkapan kualitas informasi antara isi informasi,
waktu penyajian dan bentukinformasi. Hal ini dalam kualitas informasi website
UNSIKA masih tertinggal jauh dengan website UNPAD tentunya UNSIKA perlu
ditingkatkan lagi dari segi kuliatas informasinya. Adapun faktor lain yang
sangat terlihat berbeda dikarenakan UNPAD sudah lama menjadi PTN dan pada tahun
2014 UNPAD menjadi PTN badan hukum,sudah pasti PTN yang sudah lama berdiri dari segi kualitas informasi dan
pelayanan-pelayanan yang ada di universitas tersebut semakin baik dan meningkat,sedangkan UNSIKA menjadi PTN pada tahun 2014 yang terhitung 3 tahun.
Komentar
Posting Komentar